Digital Marketing untuk Newbie

Zaman sekarang disebut era Internet. Atau biasa disebut juga dunia digital. Dimana semua kebutuhan informasi, interaksi pribadi dan sosial. Bagi bro dan sis yang sering berselancar di dunia digital. Apakah itu melakukan kegiatan surving disitus -situs, chatting di media sosial, download apikasi, upload foto dan video hingga berjualan di dunia maya ini.

Berjualan di internet istilah umumnya disebut digital marketing. Apa itu digital marketing? dapat diartikan sebagai sebuah usaha untuk berjualan barang atau jasa kepada pembeli ataupun calon pembeli dengan lebih efektif dan effisien. Jangkauannya pun tidak hanya seantreo nusantara, tapi hingga sejagat dunia.

Dari istilahnya saja sudah jelas bahwa berjualan dengan menggunakan digital marketing lebih “mudah” dibandigkan dengan berjualan secara konvensional. Selain menyediakan produk atau jasa yang berkualitas dan pelayanan yang baik sebagai kunci utama. Berjualan secara konvensional tentunya membutuhkan modal yang cukup besar. Kerena bro-sis harus menyediakan toko di lokasi yang strategis, mendisain ¬†interior dan eksterior toko agar nyaman dan menarik, adanya lahan parkir, melakukan komunikasi pemasaran, petugas yang melayani dan lain lain. Sehingga dengan kebutuhan modal kerja yang besar maka memerlukan penjualan yang besar pula agar bisa kembali modal dan meraih keuntungan.

Berbeda dengan digital marketing, yang tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Disini bro-sis cukup memiliki gadget sebagai alat, akses internet, kepemilikan situs web / blog atau akun di media sosial dan marketplace.

Namun seiring dengan banjirnya informasi dan ketatnya persaingan di internet, maka digital marketing pun perlu strategi dan teknik khusus agar produk atau jasa bisa laku terjual. Berbagai cara dapat dilakukan diantaranya menggunakan kemampuan SEO (search engine optimizer), respon pelayanan yang cepat tanggap, keterbukaan harga yang kompetitif, disain situs  web / blog yang menarik, tampilan foto produk atau jasa yang unik dan sebagainya.

Melakukan digital marketing bisa jadi dilakukan secara mandiri oleh bro-sis. Tapi untuk menghemat waktu, dapat juga menggunakan pihak/orang lain untuk bekerjasama. Dengan adanya kolaborasi, salain bro-sis membuka lapangan kerja tambahan, juga agar bro-sis bisa lebih fokus kepada kunci berjualan tadi. Yaitu menjaga dan meningkatkan kualitas produk atau jasa yamg dijual. Dan melakukan pelayanan penjualan dan pasca penjualan terhadap pembeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *