My Story

Cerita menjadi Advertiser

menjadi advertiser

Sebelumnya saya merupakan Lulusan dari IT Universitas favorit di jakarta, yah walaupun bukan dari Ilmu Komunikasi sebenarnya saya telah menyimpang dan menjadi sok tahu tentang Advertising di artikel ini. Namun semuanya saya dapat dari pengalaman bekerja di startup, Agency dan Perusahaan Lokal.

Asal mula perjalanan di dunia advertising berawal dari sebuah startup tentang portal sepakbola di indonesia, dari sana saya belajar bahwa untuk mempromosikan website selain dengan SEO, Aktif di forum KasKus, berbagi di media sosial, ada juga yang mempromosikan website dengan Advertising.

Pertanyaan yang paling sulit menjadi Advertiser yaitu, Strateginya…

Singkat cerita, advertising atau kita bisa bilang iklan itu perlu budget. bagaimana cara kita menentukan budget? bingung-kan? saya juga bingung dulu. Tapi sekarang itu udah gampang apalagi sekarang media kita untuk ber-advertising-ria sudah banyak.

Platform Iklan ada facebook, twitter, instagram, youtube dan yang paling top Google.

Apakah menjadi advertiser dibutuhkan keahlian khusus?

Ketika menjadi seorang advertiser saya masih belum paham bagaimana, cara, kenapa, siapa yang ada di advertising, karena ads hanyalah untuk brand besar yang sudah memiliki market, namun itu tidaklah benar, brand-brand besar dulunya juga tidak memiliki market namun mereka berusaha untuk memperluas market mereka dengan berbagai hal untuk menyebarkan market.

sepertinya saya lupa memberikan informasi tentang advertising secara wikipedia.

Advertising is an audio or visual form of marketing communication that employs an openly sponsored, nonpersonal message to promote or sell a product, service or idea.[Wikipedia]

Nah, setelah mengerti sedikit demi sedikit saya pun mulai memahami bagaimana advertising bekerja dan cara menggunakannya. Kemudian masuklah ke pertanyaan yang paling sulit.

Pertanyaan-nya sekarang bagaimana strateginya.. ??

  1. Tentukan Platformnya, mau iklan dimana? facebook, insta atau GDN.
  2. Tentukan Target market, siapa yang akan melihat iklan kita? (Profesi, hobby, kebiasaan dll),
  3. Tentukan Demographic, perdalam lagi dengan rincian (Sex, Age, location).
  4. Kemudian siapkan materi apa yang cocok untuk iklan. (Image / Video)
  5. Hal yang paling penting ialah sesuaikan budget dengan lamanya nge-ads.

ini merupakan strategi paling simple, paling mudah dan mengikuti prosedur marketing-communication untuk how to ads.

Bagi kalian yang belum pernah nge-ads mungkin akan terasa sangat sulit dan sangat berhati-hati dengan budget, namun untuk menjadi Advertiser diperlukan kecerdasan dalam mengambil keputusan. Dan jangan lupa untuk membuat iklan minimal berdua atau ditemani dengan teman kerja/manager.

 

 

 

Comments

comments

Leave a reply