Alfinstudio, merupakan salah satu agency digital di Jakarta, kami membantu client dalam hal branding di internet. Salah satunya dengan membantu client untuk Go Digital. Juga memberikan tips bagi kalian pemilik agency, freelancer & penyedia jasa konsultasi bisnis untuk mengetahui bagaimana membantu bisnis client melalui riset kecil dari platform Google

Kami tentunya juga melakukan research untuk setiap client yang akan kami bantu dalam program Digital Marketing.

Namun bagaimana membantu bisnis client agar anda mudah untuk mempelajari bisnisnya :

1. Pelajari Bisnis Client dari pencarian Google

Pada poin kali ini, kalian sebagai Digital Director, Digital Strategist bahkan Account Executive harus memahami bisnis yang jalankan oleh client. Salah satunya ialah melakukan pencarian nama brand, kompetitor dan bagaimana peran bisnis mereka di Indonesia.

2. Lakuan Riset dengan bantuan Google dan platform lain

Pencarian nama brand, apakah brand client eksis di google atau media sosial?

dari pencarian google kita akan mengetahui bagaimana visibility asset digital client. Apakah ada atau tidak ada.

kemudian lakukan pencarian dengan keyword yang relevan seperti :

Nama brand : keyword yang mengidentifikasikan nama brand client

setelah mengetahui hasil pencarian, maka buatlah tabel yang sesuai dengan banyaknya data yang didapat. Dari listing website, telusuri secara dalam bagaimana kontennya, aktifitasnya dan trafficnya (bisa cek di similarweb.com) apabila perlu mengetahui data lain.

Kemudian mengurutkannya menjadi data seperti berikut :

bagaimana membantu bisnis client
download file excel

setelah merapikan data, maka sudah saatnya benar-benar belajar bisnis client, apa yang dilakukan mereka dalam porsi 4 P ?

Apa itu 4 P ? Product, Price, Promotion & Placement.

bagaimana mengetahui 4 P Client? sepertinya harus mulai menganalisa dan bertanya kepada client. Namun jangan lupa untuk memberikan informasi positioning mereka di internet, google maupun media sosial.

3. Berikan hasil research dan kesempatan untuk client Go Digital!

Setelah mengetahui apa positioning brand client maka lakukan sebuah tindakan yang mendukung kegiatan client di internet. Apakah perlu memperbanyak interaksi di media sosial, menambahkan jumlah artikel untuk mengedukasi customer atau bahkan menambahkan jumlah calon pembeli potensial melakui iklan digital.

Keputusan ini merupakan sebuah keputusan bersama yang berdasarkan data dan keinginan client untuk mengembangkan bisnisnya melalui channel digital marketing.

3 cara tersebut sebenarnya hanyalah cara paling simple dan mudah untuk mempelajari bisnis client secara cepat, namun hasil dari diskusi bersama client merupakan poin penting dari mempelajari bisnisnya.

Dengarkan, catat dan lakukan riset atas apa yang agensi lakukan selama ini.

Alfin Pratama

Penulis tentang Digital Marketing | Strategic Thinker | Advertiser

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Kontak

Hubungi Kami

Isi Nama Anda..

Silahkan Isi dengan E-mail Aktif anda..

Silahkan Pilih dengan keperluan Anda..

1
×
Halo, masih bingung untuk promosiin bisnis kamu? tanya kami aja. FREE!!